Minggu, 11 Oktober 2009

Pengertian Ragam Bahasa dan Hal-hal Yang Menyebabkan Ragam Bahasa

Apa yang dimaksud dengan ragam bahasa?

Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut
pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara,kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta medium pembicara.


Hal-hal yang menyebabkan ragam bahasa?

Variasi bahasa disebabkan oleh adanya kegiatan interaksi sosial yang dilakukan oleh masyarakat atau kelompok yang sangat beragam. Dalam hal variasi ini ada dua pandangan. Pertama, variasi itu dilihat sebagai adanya keragaman sosial penutur bahasa dan keragaman fungsi bahasa itu.
variasi bahasa itu terjadi sebagai akibat dari adanya keragaman sosial dan keragaman fungsi bahasa.variasi bahasa itu sudah ada untuk memenuhi fungsinya sebagai alat interaksi dalam kegiatan masyarakat yang beraneka ragam. Selain itu, variasi bahasa terjadi biasanya akibat perbedaan letak geografis atau daerah dimana mereka berasal atau tinggal.
Ilustrasi:
Dalam suatu perguruan tinggi swasta Gunadarma khususnya di kelas 3KA01 banyak terdapat keragaman budaya yang berarti mempunyai ragam bahasa. Mahasiswa yang sama-sama berasal dari Padang berbicara dengan bahasa Padang, oleh karena itu mahasiswa yang bukan berasal dari Padang tidak mengerti apa yang dibicarakan oleh mahasiswa yang berasal dari Padang.


0 komentar: