Sabtu, 20 Februari 2010

Topik Penulisan Ilmiah

Semua mahasiswa Gunadarma tingkat 3 sedang menanti saat-saat yang mendebarkan yaitu Penulisan Ilmiah atau sering disebut PI oleh mahasiswa. Penulisan ilmiah yang hanya 2 sks tapi sangat membuat mahasiswa takut menghadapinya. Sebenarnya setelah saya menganalisis dari cerita kakak kelas, penulisan ilmiah tersebut bukan untuk ditakuti tetapi asal kita rajin dan mengikuti prosedur penulisan tersebut InsyaAllah akan lancar-lancar saja. Dari sekarang para mahasiswa sudah mencari-cari judul penulisan ilmiah yang tepat agar tidak salah memilih judul. Mereka mengunjungi perpustakaan untuk melihat-lihat judul penulisan ilmiah  yang  ada pada ruang referensi. Sebagian dari mahasiswa masih bingung menentukan judul penulisan ilmiah yang tepat termasuk saya. Saat liburan, saya sudah mulai mencari-cari judul penulisan ilmiah yang sesuai dengan minat saya. Namun, dari beberapa ide judul yang saya dapatkan masih belum tentu disetujui oleh dosen pembimbing. Berikut ide-ide judul penulisan ilmiah yang akan saya ajukan kepada dosen pembimbing nanti:

1. Analisa Jaringan LAN dan Bandwith pada Lab Internet Dasar

Saya ingin mengambil judul tersebut karena kegiatan saya sekarang selain kuliah adalah menjadi asisten di Lab Internet Dasar. Saya merasa jaringan LAN di lab saya kurang teratur. Oleh karena itu, saya ingin        menganalisa jaringan LAN tersebut. Namun, setelah saya berkoordinasi dengan kakak saya yang jauh lebih memahami konsep jaringan dia kurang menyetujuinya. Karena jaringan LAN itu ruang lingkupnya kecil, dan kurang tepat untuk jurusan Sistem Informasi.

2. Aplikasi Penjualan Obat Pada Apotik Menggunakan Delphi 2009

Saya ingin mengambil judul tersebut karena saya sedang mendapat proyek dari saudara sepupu saya untuk membuat suatu aplikasi untuk penjualan obat di Apotik miliknya. Awalnya saya ragu menerima tawaran tersebut karena saya sendiri kurang begitu mengerti mata kuliah Akuntansi. Tetapi setelah saya pikir matang-matang saya terima tantangan itu dan saya berniat untuk mengajukan proyek ini menjadi penulisan ilmiah saya.

3. Kamus Kedokteran Gigi

Saya ingin mengambil judul tersebut karena ini merupakan ide dari teman saya. Teman saya yang berkuliah  di jurusan kedokteran gigi Universitas Gajahmada Jogjakarta menyarankan agar saya membuat suatu aplikasi kamus kedokteran gigi. Alasannya karena saat ini belum banyaknya aplikasi kamus kedokteran gigi. Teman saya merasa aplikasi ini sangat dibutuhkan untuk membantu para mahasiswa yang mengambil jurusan kedokteran gigi supaya memudahkan dalam perkuliahan sehari-hari.

4.  Aplikasi Pengenalan Gigi Untuk Anak-anak Sekolah Dasar Menggunakan Macromedia Flash 8.0

Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan anak-anak sekolah dasar untuk mempelajari bagian-bagian gigi. Sekarang ini banyak anak-anak sekolah dasar yang tidak tertarik mempelajari bagian-bagian gigi. Oleh karena itu, semoga dengan aplikasi ini anak-anak sekolah dasar tertarik mengenali bagian-bagian gigi manusia.

Semoga saja dari ketiga judul tersebut ada salah satu judul yang di setujui oleh dosen pembimbing supaya mempermudah saya dalam menyelesaikan penulisan ilmiah ini.

2 komentar:

Dhita Febriana Dwi Astri mengatakan...

Pi nya udah selesai?
trs di ACC gag yang judul membuat aplikasi kamus kedoktern?
saraan donk boz..
soalnya gw mw bikin Pi nih =(

Macuy mengatakan...

Alhamdulillah sudah selesai.
Yap di acc.

Sebaiknya cari judul PI yg lintas kampus dan menarik, teknologinya kalo bisa yg open source. Itu saja sih saran saya, insyaAllah pasti di ACC judulnya, kembalikan kpd DPnya lg.