Kamis, 06 Mei 2010

Kebaikan -kebaikannya Yang Membuat Saya Menyukai Anak Kecil

Awalnya saya tidak begitu menyukai anak kecil karena saya pikir mereka hanya merepotkan dan terkadang membuat kesal karena tindakan mereka. Namun, semakin dewasa saya jadi sangat menyukai anak kecil. Bagi saya anak kecil patut kita contoh sifatnya tapi bukan untuk menjadikan sikap kita yang kekanakan. Lihatlah anak-anak TK dan SD, mereka seperti tidak punya masalah selalu riang dan gembira. Anak kecil juga sering bicara apa adanya(jujur), penuh rasa sayang tanpa syarat. 
Anak kecil, utamanya bayi dan balita memang sangat pemaaf. Mereka tak pernah mempunyai rasa dendam, meskipun kita dengan sengaja menyakiti mereka. Mungkin sesaat mereka akan menangis dan marah, tetapi beberapa menit kemudian hanya tawa renyah yang menghias bibir. Boleh dibilang, dunia mereka adalah dunia penuh dengan kegembiraan. Seorang bayi yang ditinggal mati oleh orang tuanya tidak pernah merasa sedih atau khawatir karena mereka belum tau apa-apa.  Bandingkan dengan diri kita, orang-orang dewasa ini. Kehilangan barang yang tak seberapa saja, sibuknya bukan main. Apalagi kehilangan orang tua, orang dewasa akan menangis dan akan sedih yang berlarut-larut.
Dari pengalaman yang saya lihat, saya menyimpulkan bahwa ada banyak kebaikan yang dimiliki oleh anak-anak yaitu menyayangi tanpa syarat, jujur, apa adanya, riang gembira, senang belajar, rasa ingin tahu yang besar, tidak pendendam, mudah memaafkan, dan senang tertawa. Itulah kebaikan-kebaikan mereka yang membuat saya jadi mencintai anak kecil. Saya tidak malu bermain bersama mereka, karena dari merekalah saya mendapat banyak pelajaran, dan saya bahagia di tengah-tengah mereka.

0 komentar: